Rencana Bioskop Kembali Dioperasikan, Ini Alasan Pemerintah

JAKARTA, BAROMETERSULUT.com – Pemerintah dalam waktu dekat ini akan mengizinkan bioskop buka secara bertahap di tengah pandemi Corona. Alasannya adalah karena bioskop salah satu bentuk hiburan untuk masyarakat, yang bisa meningkatkan imunitas.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di YouTube BNPB, Rabu (26/8/2020). Wiku mengatakan keputusan membuka kembali bioskop ini sudah dikaji oleh tim pakar Satgas COVID.

“Kami dari pakar Tim Satgas COVID-19 telah membuat beberapa kajian selama beberapa minggu terakhir terhadap kemungkinan pembukaan bioskop dan sinema dengan mempertimbangkan berbagai hal yang penting, terutama dari aspek kesehatan, dari aspek sosial, dan ekonomi,” ujar Wiku.

Wiku menilai bioskop bisa berkontribusi untuk meningkatkan imun masyarakat. Jika masyarakat senang, maka imunitas mereka akan meningkat. Imunitas yang kuat diketahui sangat diperlukan di tengah pandemi saat ini.

Baca juga:  Joune Ganda- Kaesang Pangarep Semringah, Usai Sukseskan Kontestasi KLB PSSI 2023

“Perlu kami sampaikan, bahwa bioskop dan sinema memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat bisa meningkat karena bahagia, atau suasana mental fisik dari penonton dan masyarakatnya juga ditingkatkan,” katanya.

“Bioskop atau cinema salah satu kontributor untuk itu dalam rangka menghadapi COVID,” imbuhnya.

Wiku menjelaskan proses pembukaan bioskop ini diperlukan waktu yang panjang, yaitu perlu ada pra kondisi, melihat waktu yang tepat. Wiku memastikan daerah yang membuka bioskop ini adalah daerah yang sudah siap dengan fasilitas protokol kesehatan.

“Kami perlu sampaikan dari konteks Satgas, dalam pembukaan sebuah aktivitas sosial ataupun ekonomi perlu melalui suatu proses yang cukup panjang. Pertama harus melakukan pra kondisi, di mana dalam pra kondisi ini dipastikan tentang kesiapan dari fasilitas itu sendiri. Dari kesiapan fasilitas pendukungnya, dan juga dalam penyelenggaraan termasuk masyarakat itu sendiri,” katanya.

Baca juga:  Kapolda Sulut Ajak Tokoh Agama Bantu Pemerintah Jaga Keamanan

Pemerintah juga akan memperhatikan waktu tepat dalam membuka sektor ekonomi. Kemudian juga ada proses simulasi.

“Kedua juga harus melihat aspek timing, kapan itu dibuka tentunya tidak semua sama waktunya untuk memastikan bahwa setiap yang dilakukan betul-betul dengan perhitungan yang sangat matang. Berikutnya, harus melakukan prioritas melihat prioritasnya, baik sektor maupun adalah fasilitas yang mana dibuka, tentunya semuanya dilakukan proses simulasi, dan penyiapan yang matang dan selalu berkoordinasi,” jelasnya.

Wiku juga memastikan Satgas akan selalu melakukan pengecekan. Satgas akan memastikan masyarakat aman.

“Pada saat nanti akan dijalankan, dan sudah dijalankan, pasti harus dilakukan monitoring dan evaluasi dengan baik agar betul-betul semuanya aman dan lancar,” tutur Wiku.  (*/abx)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *