RSUP Kandou Lakukan Vaksinasi Nakes Lansia Tahap Pertama

MANADO, BAROMETERSULUT.com – RSUP Prof RD Kandou Manado, Senin (08/02/2021) pagi mulai melakukan Vaksinasi Tenaga Kesehatan umur 60 Tahun ke atas (Lansia) tahap pertama, Guna untuk menindaklanjuti program Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Menurut Direktur Utama RSUP Prof RD Kandou Dr dr Jimmy Panelewen, SPB-KBD di dampingi Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr.dr Ivonne Rotty M.Kes, Direktur Perencanaan dan Keuangan Dewi Anggraini,SE.MM  mengatakan, Kegiatan Vaksinasi Tenaga Kesehatan usia diatas 60 Tahun  ini merupakan program dari Kementrian Kesehatan RI yang akan di Launching hari ini 8 Februari 2021 pukul 10 Pagi, Namun pihak RSUP Kandou berinisiatif untuk melakukan terlebih dahulu dan ini
Langka maju bagi RSUP Kandou sebagai pencapaian cakupan dimana tenaga kesehatan itu harus 100 persen melakukan Vaksinasi di bulan februari. Untuk hari ini 10 orang di grup pertama sudah di lakukan observasi dan sudah melakukan Penyuntikan dosis pertama, dan tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi kata Dirut Panelewen.

Baca juga:  Kodim 1309 Manado Sukses Gelar Doa Bersama 171717

Sementara Dr Eko Prasetyo, Nakes lansia pertama yang melakukan Vaksinasi Tenaga Kesehatan usia 60 tahun, Menyampaikan bahwa dirinya sangat senang karena bisa melakukan vaksinasi Covid 19 sesuai dengan program Pemerintah.

Seperti diketahui Dengan diberikannya vaksin COVID-19 bagi tenaga kesehatan yang berusia lanjut dapat melindungi dan memberikan keamanan bagi seluruh tenaga kesehatan kita tanpa terkecuali.

Kelompok lansia tetap akan menerima vaksinasi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari. Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru.

Vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal.

Baca juga:  Joutje Dengah (Ketua ASKAB PSSI Minut) : "Selamat Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022

Persyaratan penerimaan vaksin Sinovac juga sudah diperbarui, yang sebelumnya ditujukan rentang usia 18-59 tahun, ditambah untuk usia di atas 60 tahun. Untuk populasi lansia 60 tahun ke atas, vaksin Sinovac akan disuntikkan ke dalam otot (intramuscular) sebanyak 0,5 mL dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.(*/abx)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *