Ketua DPD PINKAN Sulut Ajak Stakeholder “Berjibaku” Jadikan Sulut Tuan Rumah Musik Kolintang

JAKARTA, BAROMETERSULUT.com – Ketua DPD Persatuan Insan Kolintang Indonesia (PINKAN) Provinsi Sulut Joune Ganda, SE menjadi salah seorang panelis  kegiatan Seminar Virtual & Live Kolintang Menuju Warisan Budaya Tak Benda UNESCO yang terselenggara atas kerja sama DPP PINKAN Indonesia dengan RRI Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Dalam kesempatan itu Ketua DPD PINKAN Sulut Joune Ganda, SE menuturkan dalam menuju warisan budaya tak benda UNESCO, sejumlah upaya yang dilakukan antara lain bakal menggagas kerjasama dengan  pihak Universitas Manado untuk memasukan kolintang dalam meteri kurikulum ekstrakurikuler bagi para mahasiswa.

“Kita akan mendorong agar para pelajar semua tingkatkan hingga mahasiswa akan mandapatkan materi dan teknis belajar musik kolintang secara masiv.”katanya.

Baca juga:  MK Tolak Judicial Review UU Pers

Dia menambahkan, untuk program jangka panjang pihaknya akan merangkul para insan kolintang dalam satu museum kolintang di Minahasa sebagai asal muasal seni musik Kolintang.”ujar Joune.

Menurut Joune, untuk menjadikan musik kolintang sebagai warisan tak benda dari UNESCO, yang paling urgen dilakukan adalah menyatukan dan sinergitas antara upaya PINKAN Indonesia dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam hal kebijkan serta regulasi yang terkait.

“Yang pasti DPD PINKAN Sulut siap mendukung dan menghadapi progres dan tantangan musik Kolintang menuju warisan budaya tak benda UNESCO”tandas Bupati Minahasa Utara itu sambil menegaskan pihaknya akan terus mendorong kecintaan masyarakat terhadap Kolintang dan mengatasi tantangan dan dampak kemajuan jaman serta proses transformasi di kalangan generasi milenial untuk tetap melestarikan seni budaya asal Minahasa itu.

Baca juga:  Polisi Bekuk Emak-emak Terduga Copet Yang Beraksi di Pasar '45 Manado

Kegiatan seminar virtual & live Kolintang menuju budaya tak benda UNESCO itu turut dihadiri oleh para Panelis lainnya yakni Vincent Piket (Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia), Laks. TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (Pembina Pinkan Indonesia), dan Prof. Ir. Wiendu Nuryanti (Budayawan) serta Umum DPP PINKAN Indonesia Ny Penny Marsetio, kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut serta pemerhati Kolintang di Indonesia.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *