Sekdaprov Kawatu Apresiasi Penginputan Anggaran 2022 Lewat FMIS

Manado, BAROMETERSULUT –
Pj Sekdaprov Sulawesi Utara Asiano Gamy Kawatu mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey menghadiri sekaligus membuka kegiatan penginputan anggaran tahun anggaran 2022 pada aplikasi Financial Management Information System (FMIS) di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur, Rabu (15/12/2021).

Pada kesempatan itu, Pj Sekdaprov Kawatu membacakan sambutan Gubernur Sulut yang menerangkan bahwa penginputan anggaran merupakan tanggungjawab semua perangkat daerah.

“Ini menjadi tanggungjawab bersama, sebagai pengelola keuangan di Perangkat Daerah masing-masing, untuk menyusun pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan sebagai bentuk fisik keabsahan sebuah kinerja yang telah dijalankan dan diselenggarakan,” katanya.

“Oleh karenanya, Saya harapkan agar semua Perangkat Daerah bisa menyelesaikan pelaporan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” lanjut Kawatu.

Baca juga:  Ini Alasan Kenapa Kominfo Batalkan Lelang Frekuensi 5G

Diketahui, penginputan anggaran Tahun 2022 telah dilaksanakan melalui penggunaan Aplikasi SIPD beberapa waktu yang lalu.

Saat ini BKAD Sulut melakukan terobosan perihal penginputan kembali Anggaran T.A. 2022 melalui aplikasi yang telah dibuat, yaitu aplikasi Financial Management Information System, dengan tujuan mempermudah setiap Perangkat Daerah di lingkup pemerintah provinsi untuk melakukan penatausahaan, pelaporan dan pertanggunjawaban pengelolaan keuangan.

“Aplikasi ini sebagai media kontrol BKAD terhadap seluruh administrasi pengelolaan keuangan yang dilaksanakan oleh setiap Perangkat Daerah,” terangnya mengapresiasi penggunaan aplikasi FMIS.

Sebelumnya, dalam laporan kegiatan tersebut dijelaskan bahwa yang mendasari pelaksanaan kegiatan ini adalah seiring dengan perubahan regulasi tentang pengelolaan keuangan daerah mulai terbitnya PP 12 tahun 2020, Permendagri 77 tahun 2020 dan Kepmendagri 050 tahun 2020.

Baca juga:  Setelah Gereja GMIM Eben Hezer, Kini Giliran Masjid Fastabiqul Khairat jadi Sasaran Satgas TMMD ke 111

Adapun yang diundang menjadi peserta dalam kegiatan penginputan anggaran adalah seluruh operator Simda perangkat daerah. 

(Rendy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *