Gaghana Buka FLPD 2022 Penyusunan Renja Tahun 2023

Bupati Jabes Gaghana ketika membuka FLPD 2022 Penyusunan Renja Tahun 2023

Tahuna, BAROMETERSULUT.com – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, membuka Forum Lintas Perangkat Daerah (FLPD) tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja (Renja) tahun 2023, Senin. (14/3) di ruang serbaguna rumah jabatan Bupati.

Ketika membawakan sambutan Bupati mengatakan, FLPD yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah di mana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

Bacaan Lainnya
Baca juga:  Resmikan Hotel Dialoog Tahuna, Dondokambey: Sangat Membanggakan

“FLPD yang dilaksanakan ini akan membahas rancangan rencana kerja perangkat daerah dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang tingkat kecamatan sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan renja perangkat daerah,” ungkap Gaghana.

Bupati menjelaskan pada kesempatan tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya para kepala OPD betul- betul memperhatikan program kegiatan secara proporsional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu juga, perangkat daerah dituntut untuk cermat dalam alokasi dan penggunaan anggaran agar benar benar dapat dimanfaatkan sesuai dengan prioritas yang tepat menurut kondisi potensi dan kebutuhan masing masing kecamatan atau desa

“Kiranya kita semua dapat menyikapi permasalahan keterbatasan kemampuan keuangan daerah ini dengan menyusun rencana kerja perangkat daerah yang lebih komprehensif dengan memanfaatkan anggaran yang tersedia secara optimal efisien dan efektif,” jelas Gaghana.

Baca juga:  Bupati Gaghana Serahkan LKPD Kepada BPK RI Perwakilan Sulut

Dia menambahkan, para kepala perangkat daerah agar punya inovasi dalam menggali dan memanfaatkan segala potensi sumber pembiayaan baik melalui APBN, APBD maupun swasta dan masyarakat.

“Saya juga mengharapkan para camat agar dapat memperhatikan dengan seksama arah kebijakan program dan kegiatan perangkat daerah serta dapat memberikan masukan atau solusi dalam mengatasi persoalan yang ada pada wilayah kacamatanya,” tandasnya.

Kegiatan turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sangihe Melanchton H Wolff beserta Pimpinan OPD, serta para Camat. (Christ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *