Pemkab Talaud Bakal Miliki Gedung Perpustakaan Konsep Modern Berbandrol 10 Miliar

Talaud,BAROMETERSULUT.com- Demi peningkatan minat baca masyarakat dan pelajar di Kabupaten Kepulauan Talaud, pemerintah daerah akan bangun Perpustakaan Daerah di Melonguane sebagai pusat pemerintahan.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Talaud, Drs. Moktar Arunde Parapaga (MAP) kepada sejumlah wartawan belum lama ini.” Penuhi minat baca masyarakat dan pelajar di Talaud, pemerintah daerah akan segera bangun Perpustakaan,”ucap Wabup Parapaga.

Kabupaten Kepulauan Talaud bersama Kota Kotamobagu menjadi daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang mendapatkan bantuan dana alokasi khusus ( DAK)  tahun 2022 sebesar 10 miliar dari Perpustakaan Nasional RI untuk alokasi pembangunan gedung layanan baru perpustakaan.

“Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menghendaki di setiap sekolah dan kampus serta daerah memperdayakan perpustakaan. Waktu lalu baru lima daerah yang diundang secara resmi dan untuk Talaud akan dijadwalkan lagi,” ungkap MAP.

Baca juga:  Bupati Bolmong Apresiasi Khusus Bagi Kodim1303/BM

Terkait dengan bantuan dana alokasi sebesar 10 Miliar untuk  pembangunan gedung layanan baru perpustakaan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Parapaga mengatakan puji Tuhan karena murupakan salah satu daerah yang terpilih mendapatkan bantuan tersebut.

” Pak Wagub mendorong kepada seluruh daerah agar menggunakan kesempatan ketersediaan dana yang ada di Perpusnas untuk mengelolah perpustakaan,” ungkapnya.

Untuk pengelolaan suatu perpustakaan bukan lagi seperti yang dulu, sekarang ini sudah dengan cara dan inovasi yang baru.

” Jadi bukan sekedar membaca tapi sekarang ini perpustakaan harus dilengkapi dengan wifi gratis dan buku-buku bacaan yang inovatif dan juga ruangannya harus ditata sebaik mungkin agar bisa menarik minat dan kenyamanan setiap warga masyarakat yang mengunjunginya,” katanya.

Baca juga:  Libur Panjang, Polres Bitung Dirikan Pos Pengamanan Terpadu Cegah Gangguan Kamtibmas

Untuk pelaksanaan pembangunan  menurut Parapaga tahun ini siap untuk dilaksanakan. tinggal menunggu dari bagian aset untuk menyelesaikan masalah lahan.

” Rencananya pembangunan gedung perpustakaan yang baru akan didirikan di kompleks Perkantoran dekat dengan Kantor Dishub dan GOR Pemkab Talaud,” ujarnya.

Wabup MAP juga menyentil dengan adanya Perpustakaan daerah bisa memberikan manfaat. Salah satunya dalam peningkatan sumber daya manusia seluruh warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud terlebih khusus buat para generasi muda.(NA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *