Pemkab Bolmut Lepas CPMI ke Jepang

CPMI Bolmut pada momentum pelepasan oleh Pemkab Bolmut, Senin (24/10/2022). (foto. Prokopim)

Bolmut, BAROMETERSULUT.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) resemi melepas Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).
Melalui Program Specifed Skill Worker (SSW), 20 CPMI itu akan mengikuti magang di Jepang.
Pelepasan CPMI tersebut dilakukan oleh Bupati Bolmut melalui Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Seretaris Daerah (Sekda) Bolmut Rahmat R. Pontoh, saat pimpin apel rutin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bolmut, Senin (24/10/2022).
Pada arahannya, Rahmat sedikit mengungkap proses awal seleksi hingga mengerucut pada 20 CPMI tersebut.
Dikatakannya, peserta CPMI melalui Dua tahapan seleksi, yakni psikotest dan wawancara pada tahap Pertama, kemudian dilanjutkan dengan seleksi online selama lebih dari Sebulan.
“Seleksi pertama adalah psikotes dan wawancara, Seleksi kedua adalah secara Online dengan Menggunakan Aplikasi Pera-pera selama Satu bulan lebih.
Sebelumnya lanjut Rahmat, dilaksanakan Sosialisai Pendidikan Dan Pelatihan (CPMI) Program Specifed Skill Worker (SSW) Magang Ke Jepang, kerja sama Pemkab Bolmut dengan Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
“Pesertanya sebanyak 62 orang, diambil dari masing-masing Kecamatan di wilayah Kabupaten Bolmut,” lanjutnya.
Ditambahkannya, 20 CPMI tersebut masih mengikuti masa pendidikan pelatihan bahasa dan budaya Jepang. Kemudian uji kompetensi melalui tes sertifikat skill pada bidang kerja yang diminatii.
“Jika dalam Tes Tersebut peserta dinyatakan lulus, maka mereka akan bekerja di Jepang lewat jalur Specified Skilled Workers (SSW),” tutup Rahmat.
Terpantau, CPMI yang dilepas itu terdiri dari Sembilan Laki-Laki dan 11 CPMI Perempuan.

Baca juga:  Prof Dr Lucky Sondakh Putuskan Gabung Tim Pakar OD-SK, Ini Alasannya

(Theo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *