Tamuntuan Hadiri Penerimaan Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM

Tahuna, BAROMETERSULUT.com– Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menghadiri undangan penerimaan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM oleh Kemenkuham.

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Menteri Kemenkumham Yosana H Laoly, Wakil Menteri Kemenkuham Prof. Edward Omar Sharif Hiariej, Menteri Agrariya Hadi Djajanto Serta Gubernur dan Bupati/Walikota peduli HAM.

Bacaan Lainnya

Menteri Kemenkuham Yosana H Laoly menjelaskan, acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-74 tahun 2022, dengan tema Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk setiap orang.

“Hak setiap manusia adalah sama, baik martabat, kebebasan, dan keadilan serta HAM menjadi amanat yang tidak terpisahkan. Kemenkuham memberikan penghargaan ke beberapa pihak yang turut serta mewujudkan penghormatan, pemenuhan, pelindungan, pemajuan, dan penegakan HAM (P5HAM),” kata Yosana.

Baca juga:  Tahun Pertama Tamuntuan Bawa Sangihe Riah WTP

Menteri melanjutkan, peringatan hari HAM sedunia pada tahun ini, Pemerintah akan memberikan beberapa penghargaan kepada seluruh pemangku kepentingan yang di anggap mampu dalam memajukan Hak Asasi Manusia, baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, masyarakat sipil, pelaku bisnis dan korporasi, serta seluruh anggota masyarakat.

“Adapun penghargaan tersebut adalah, enam menteri dan pimpinan tinggi lembaga sebagai instansi yang responsif terhadap tindak lanjut rekomendasi penangan dugaan pelanggaran HAM. Kemudian 10 gubernur sebagai pembina kabupaten/kota peduli Hak Asasi Manusia,” jelas Yosana.

Dirinya menjelaskan, kemudian dua gubernur sebagai pembina pelayanan publik berbasis HAM, 72 bupati/wali kota untuk kabupaten/kota peduli HAM, tujuh bupati/wali kota yang mengimplementasikan pelayanan publik berbasis HAM, satu pemerintah daerah yang responsif terhadap isu HAM global.

“D 10 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM sebagai pembina Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia, dan 10 unit Kepala Unit Pelaksana Teknis sebagai OPTD pelayanan publik berbasis HAM,” ujari.

Sementara itu Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan, bahwa Indonesia memiliki visi untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif berimbang dan berkelanjutan. Pembangunan infrastruktur didedikasikan sebagai prasarana pemenuhan HAM yang menjamin keterjangkauan hak mobilitas, kesehatan, pangan dan kebutuhan dasar yang merata.

Baca juga:  Pemkab Sangihe Usulkan 500 Formasi P3K

“Pemulihan dan pembangunan yang kita realisasikan bertujuan menjaga keberlanjutan hak-hak dasar manusia dari krisis ekonomi, pangan, energi, maupun dampak perubahan iklim,” kata Wapres.

“Kita ingin melindungi hak-hak orang kecil, wong cilik di pelosok tanah air, para petani dan para buruh tani, nelayan dan warga miskin dari gerakan-gerakan yang memojokan hak-hak dasar rakyat kecil. para pemangku kepentingan agar dalam setiap kebijakan yang dibuat, harus dalam konteks pemajuan, penghormatan dan perlindungan serta pemenuhan HAM. Kesetaraan kerja untuk semua orang harus ditegakkan tanpa terkecuali. Pada konteks Keindonesiaan yang majemuk, penting untuk tetap menegakkan nilai dan praktek toleransi moderasi dan kesetiakawanan sesama warga bangsa,” sambung dia.

Pj Bupati pada saat itu dampingi staf khusus bupati, asisten pemerintahan dan kesra dan kabag Hukum. (Christ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *