Sandra Moniaga: Hari Lahir Pancasila, Momentum Gotong Royong Bangun Peradaban Berbangsa dan Bernegara

 

Manado, Barometersulut.com, Hari ini, 1 Juni 2023 Indonesia emperingati hari lahirnya Pancasila dimana segenap elemen bangsa Indonesia menggelar Upacara, demikian di Sulawesi Utara (Sulut) Provinsi di ujung Utara Indonesia menggelar upacara memperingati hari lahirnya Pancasila, bersama Pemerintah Provinsi Sulut upacara serentak dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulut dan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wakil Gubernur (Wagub) Drs Steven OE Kandouw.

Steven Kandouw dalam sambutannya mengatakan bahwa nilai-nilai pancasila akan selalu ada di sanubari dan tetap diamalkan. Hal ini berkaitan erat dalam upaya bersama memajukan daerah Sulut dan Bangsa Indonesia.

” Seremonial peringatan Hari Lahirnya Pancasila, bermakna penting di mana sebagai warga negara Indonesia bersama-sama mengenang peristiwa penting dan bersejarah yang merujuk pada historis bangsa melalui sidang BPUPKI yaitu merumuskan dasar negara Indonesia serta Menghargai pendiri bangsa dan menghayati kembali lima butir pancasila,” tandas Wagub Kandouw.

Baca juga:  Tim Hukum Kodam XIII/Merdeka Laksanakan Sosialisasi Tentang Hukum

Wagub Kandouw berharap, kiranya masyarakat dapat memastikan proses internalisasi nilai-nilai pancasila tetap berjalan terus, begitu juga pengamalan pancasila sebagai fondasi untuk menuju negera Indonesia yang adil, makmur dan beradab,”ujar Wagub.

Wagub Kandouw mengimbau jika tema Hari Lahir Pancasila tahun ini dapat diimplementasikan oleh seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

“Membutuhkan partisipasi aktif dari individu dan semua elemen masyarakat,” imbuh Wagub.

Orang nomor dua di Bumi Nyiur Melambai ini menekankan dalam konteks gotong royong kita dapat mengatasi semua persoalan bersama-sama dan menciptakan kehidupan yang berkelanjutan.

Wagub mengajak untuk tetap konsisten memperkuat pancasila sebagai pedoman berbangsa bernegara. “Mari kita bekerja sama, kita bangkitkan kolaborasi untuk Indonesia yang lebih maju,” ajaknya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sulut Sandra Moniaga usai pelaksanaan upacara mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila ini menjadi momen pengingat bahwa butir-butir Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga:  Danlanudal Manado Hadiri Malam Keakraban Pengantar Tugas GM Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado

“Tahun 2023 ini, tema besar Hari Lahir Pancasila 2023 adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global,” ujar Moniaga.

Menurut Moniaga, Gotong Royong dalam aspek kerja merupakan kerja bersama dalam mencapai tujuan, baik tujuan Negara dan Daerah begitu pula tujuan satu kesatuan tim, sehingga kekurangan dan kelebihan akan menjadi senjata ampuh dalam tim solid dimana pun kita berada.

Moniaga juga menyentil kerja nyata di DPRD Provinsi Sulut tetap bergotong royong dalam mencapai keadilan untuk Rakyat yang ada di Bumi nyiur melambai.

“Saya ucapkan Selamat Memperingati hari lahir Pancasila, Tuhan pasti menolong torang samua,” tutup mantan sekda kabupaten Minahasa Utara ini.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Sekdaprov Sulut Steve Kepel, pejabat lingkup Pemprov, ASN dan THL. (Adve).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *