Bawaslu Sangihe Perkuat Kapasitas Panwascam Jelang Pilkada 2024

Tahuna, BAROMETERSULUT.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe mengadakan sosialisasi penguatan kapasitas bagi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Sangihe pada Jumat (23/8/2024).

Acara tersebut berlangsung di ballroom Tahuna Beach Hotel dan dihadiri oleh sejumlah anggota Panwaslu Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Sangihe, Edmon Dolongseda, menekankan pentingnya peningkatan kapasitas Panwaslu Kecamatan untuk menghadapi tantangan berat dalam tahapan Pilkada yang semakin mendekat.

“Kita sudah memasuki tahap pemutakhiran daftar pemilih hasil perbaikan, yang merupakan bagian penting dalam memastikan akurasi daftar pemilih tetap,” ujarnya.

Baca juga:  Dugaan Pelanggaran Pemilu di Tidore, Ada Pemilih Illegal?

Dolongseda juga mengingatkan agar Panwaslu Kecamatan lebih intensif berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah desa dan kelurahan.

Ia menegaskan bahwa inovasi dan kreativitas sangat dibutuhkan dalam menangani pemutakhiran data pemilih, mengingat beberapa potensi masalah yang telah teridentifikasi.

Dalam tahapan ini, kata Dolongseda, fokus dan perhatian penuh sangat diperlukan, mengingat tantangan yang ada dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Tahapan hari ini mungkin belum terlalu menuntut energi kita, tetapi kita harus tetap melaksanakan tugas dengan penuh perhatian dan fokus,” tambahnya.

Sosialisasi ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan Panwaslu Kecamatan dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada, sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran dan memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *