Kuatnya Magnet Politik Rinny Tamuntuan-Mario Seliang di Sangihe

Pasangan dr Rinny Tamuntuan-Mario Seliang,SE., mendapat dukungan luas di Sangihe. Rekam jejak keduanya disebut sebagai magnet utama daya tarik langkah politik mereka.

Sebagai Calon Bupati dengan segudang pengalaman di dunia pemerintahan di tingkat Provinsi, membuat dr. Rinny Tamuntuan disebut sebagai figur pemimpin ideal untuk kabupaten Sangihe.

Bahkan pasangan Tamuntuan-Seliang dikatakan sebagai kombinasi paling cocok, karena mereka paduan figur birokrat berpengalaman dengan golongan kepangkatan 4E dan figur pengusaha sukses yang mewakili tren kepemimpinan nasional kalangan kaum muda.

“Kalau bicara kriteria ideal, maka pasangan Tamuntuan- Seliang adalah paduan pasangan yang paling ideal dalam Pilkada sangihe 2024,” kata senior PDI Perjuangan Sangihe, H.R Makagansa.

Penilaian Makagansa yang juga dikenal sebagai mantan Bupati Sangihe, yang sempat dilansir sejumlah media ini, sontak memperkuat citra pasangan ini.

“Penilaian Makagansa itu benar, karena Sangihe ke depan memang butuh pemimpin yang benar-benar paham dengan urusan birokrasi pemerintahan yang dipadu dengan model kepemimpian kaum muda progresif,” kata pengamat dan dosen politik Max Sudirno Kaghoo.

Baca juga:  Pj Bupati Sangihe Buka Festival Seni Budaya Peringati HUT ke-79 RI dan Hari Masamper ke-3

Menurut Kaghoo, kelebihan lain pasangan Tamang adalah tampilnya Rinny Tamuntuan sebagai satu-satunya figur kaum perempuan yang ada dalam Pilkada Sangihe 2024.

“Kehadiran Tamuntuan sangat menarik karena merupakan representasi kaum perempuan. Keterwakilan kaum perempuan dalam kontestasi politik Sangihe ini menjadi babak baru dalam peta politik Sangihe,” kata Kaghoo.

Sementara, seperti di beberapa kecamatan di daratan pulau Sangihe yang diwarnai tingkat dukungan yang tinggi, dukungan yang luas saat ini nampak di wilayah pulau-pulau Tatoareng.

Sejumlah warga di sana saat ditemui Senin (7/10) mengatakan mendukung pasangan dengan tagline Tamang (Tamuntuan-Seliang) ini karena dipandang sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati yang paling cocok memimpin Sangihe.

“Kami mendukung Tamuntuan-Seliang, karena mereka figur yang dekat dengan masyarakat, dan selalu membantu kami dengan tulus, ” kata Alfina Baramali.

Baca juga:  Cabup Sangihe Rinny Tamuntuan Ngopi Bareng Buruh Bagasi di Pelabuhan Tahuna

Dikatakannya, di pulau-pulau kecamatan Tatoareng, warga lebih banyak memilih pasangan Tamang, juga karena kader-kader PDI Perjuangan yang duduk di DPRD selalu aktif membantu kepentingan masyarakat.

“Anggota dewan dari PDIP selalu menolong kami orang-orang pulau jika ada kesusahan atau saat membutuhkan bantuan,” ujar perempuan paruh baya itu.

Sementara warga lainnya mengatakan, selain factor kedekatan masyarakat dengan kader-kader PDI Perjuangan di legislatif, figur Ibu Rinny Tamuntuan sangat menarik hati karena ramah dan suka bergaul dengan masyarakat bawah.

“Banyak figur calon acuh tak acuh kalau bertemu masyarakat. Hanya pasangan Tamuntuan-Seliang yang benar-benar ramah dan baik hati. Sifat itu yang membuat warga pulau Para, Mahangetang, Kalama dan Kahakitang ramai-ramai mendukung mereka,” ujar salah seorang warga pulau Para. (*)

Penulis: Iverdixon Tinungki/ Tim Media Center

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *