Pertama di Indonesia, Minut Sukses Jadi Tuan Rumah Event Fordeswita 2024

Minut, BAROMETERSULUT.com-Ajang tingkat nasional Festival Olahraga Masyarakat di Desa Wisata (Fordeswita) 2024 yang sukses digelar di Pantai Paal, Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Sabtu (12/10/2024).

Diketahui, kegiatan Fordeswita 2024 bertujuan untuk membangkitkan semangat berolahraga di masyarakat dan mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Minahasa Utara. Ada berbagai perlombaan yang digelar seperti tarik tambang, hadang atau tali tanah, line dance, catur, dan lari karung yang diikuti oleh sekitar 2.000 peserta dari 55 desa wisata di Minut.

Gubernur Sulut dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulut Jemmy Ringkuangan menyampaikan apresiasi dan mengatakan Fordeswita 2024 adalah momentum istimewa sebagai proyek percontohan pertama di Indonesia yang menggabungkan olahraga masyarakat dan pengembangan desa pariwisata.

Baca juga:  Komisioner KPU Minut Hadiri Rapat Pleno Terbuka DPS Tingkat Provinsi Sulut

“Ini menjadi suatu kebanggaan, karena selain mengembangkan olahraga masyarakat, acara ini memperkuat branding pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Pantai Paal, Likupang di tingkat nasional dan internasional,” kata Ringkuangan.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Fordeswita 2024 dimana kegiatan ini sangat positif dan sejalan dengan program KORMI untuk meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam olahraga.

“Acara ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang sehat, bugar dan berprestasi, ini juga diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah”, ujar Hayono Isman.

Pjs Bupati Minut Reza Dotulung yang hadir dalam kegiatan menyampaikan harapannya, Fordeswita dapat menjadi event tahunan yang dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca juga:  Ada Apa KPU Minut,Pendaftaran MJP- CK Tidak Gunakan Live Streaming, Dimana Keterbukaan Publik?

“Kegiatan ini membangkitkan semangat olahraga dan membangun masyarakat yang sehat dan bugar, sekaligus mempromosikan potensi wisata di Likupang yang memiliki potensi wisata yang luar biasa, dan kami yakin FORDESWITA 2024 dapat menjadi salah satu daya tarik wisata yang baru di daerah ini,” ucap Pjs Bupati Reza Dotulung.

Ketua Panitia Fordeswita 2024 yang juga Sekda Minut Novly Wowiling mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam melestarikan olahraga tradisional sekaligus mempromosikan Likupang sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Kegiatan ini membudayakan masyarakat berolahraga yang murah meriah, dan mensinergikan desa wisata sebagai wujud kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif dalam upaya peningkatan IKM dan UMKM desa wisata, yang juga dapat meningkatkan kunjungan wisata di Likupang,” ucap Sekda Wowiling sambil berharap ajang bisa menjadi event tahunan untuk menggalakan Sektor Pariwisata di desa dan budaya hidup sehat melalui olah raga (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *