Masyarakat Kecamatan Manganitu Terima Sosialisasi Pengawasan Pilkada

Tahuna, BAROMETERSULUT.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe terus menggiatkan sosialisasi pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Kali ini, sosialisasi menyasar masyarakat Kecamatan Manganitu pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahan Partisipatif (P3S) Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sangihe, Wenseslaus Makawaehe, menegaskan bahwa tahapan Pilkada saat ini sudah memasuki masa kampanye. Ia mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap proses kampanye yang berlangsung.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap masyarakat dapat turut serta mengawasi jalannya kampanye. Saat ini, Bawaslu di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan/desa masih minim personel. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk memastikan tidak terjadi pelanggaran,” ujar Makawaehe.

Baca juga:  Bawaslu Sangihe Gencarkan Sosialisasi Pengawasan Pilkada 2024 di Kecamatan Tahuna Barat

Ia juga menekankan pentingnya pengawasan terhadap netralitas aparatur sipil negara (ASN), serta anggota TNI dan Polri, hingga perangkat desa. Masyarakat diharapkan melaporkan temuan pelanggaran yang terjadi selama proses kampanye berlangsung.

“Jika ada temuan pelanggaran, masyarakat bisa melaporkannya ke Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) atau langsung ke pengawas tingkat kecamatan,” tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *