Peringati HLUN, Honandar: Kebahagian Para Lansia Adalah Tanggung Jawab Kita Bersama

Bitung, BAROMETERSULUT.COM-Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, SE mengikuti puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 25 tahun pada hari Sabtu (20/05/2021) secara virtual dengan tema “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluraga”, yang dilaksanakan di ruang sidang lantai IV kantor Walikota Bitung.

Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Risma Maharini mengatakan meski peringatan HLUN saat ini berada di tengah situasi pandemi, tetapi itu tidak boleh mengurangi rasa suka cita khususnya bagi para lansia di seluruh indonesia.

Bacaan Lainnya
Baca juga:  Gubernur Olly Apresiasi Peran Tokoh Agama Jaga Stabilitas Keamanan

“Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, namun HLUN pada tahun 2021 ini kita tidak boleh mengurangi rasa suka cita yang khususnya bagi para masyarakat lanjut usia (Lansia) diseluruh Indonesia,” kata Mensos.

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati atas dasar situasi dan kondisi sejarah yang pada waktu itu Dr. KRT Radjiman Widiodiningrat didaulat oleh peserta sidang PERTAMA Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) untuk menjadi pimpinan sidang dimaksud karena memiliki pemikiran yang cemerlang sekaligus sebagai anggota paling sepuh pada tanggal 29 Mei tahun 1945. Sehingga tanggal tersebut diputuskan kembali dan dicanangkan menjadi tanggal peringatan HLUN.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar, SE mengatakan bahwa, kita wajib menghormati dan menghargai serta memberikan perhatian khusus bagi para lanjut usia. Untuk itu, maka peran keluarga menjadi yang utama untuk kebahagian para lansia.

Baca juga:  Raih Peringkat Pertama Realisasi Belanja APBD 2022 se- Indonesia, Maurits: Ini yang Dinamakan Kerja Kolaborasi

“Kebahagian para lansia adalah tanggung jawab kita semua, maka dari itu peran dari keluarga sendiri menjadi utama demi kebahagian para lansia di Indonesia, terlebih khusus para lansia yang ada di Kota Bitung,” kata Honandar.

Lanjut Honandar, “Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini tentunya memberikan pengaruh terhadap lansia oleh sebab itu peran seluruh stakeholder khususnya kehadiran pemerintah sangat diperlukan dengan memberikan perhatian ekstra bagi para lansia melaui program-program pemerintah,” ujarnya.

Turut hadir dalam puncak memperingati HLUN 2021 ini, Assisten I Pemerintah Kota Bitung, Frangky Lady dan Kepala Dinas Sosial Kota Bitung, Give Mose.

(romo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *