RSUP Kandouw Kembali Berhasil Tutup Jantung Bocor 2 Pasien

Manado, BAROMETERSULUT –
Tim Jantung Anak RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado, yang dipimpin  Dr. dr. E. David Kaunang Sp.A(K) sebagai operator dan penanggung jawab pasien,kembali berhasil melakukan Tindakan Penutupan kelainan jantung bawaan ( jantung bocor) pada 2 pasien dengan ASD (Atrial Septal Defect), 1 pasien TGA (Transposition of the great Arteries) berhasil dilakukan tindakan BAS (Baloon Atrial Septostomi) untuk penyelamatan jiwa, Kamis (06/01) diruang Operasi Jantung Anak RSUP Kandou.

Hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Tim Jantung Anak RSUP Kandou, di awal tahun berhasil menyelamatkan 2 anak dengan kondisi kelainan Jantung bawaan.

Untuk diketahui Atrial septal defect (ASD) atau defek septum atrium adalah kondisi ketika terdapat lubang pada dinding jantung (septum) yang memisahkan antara dua ruang jantung bagian atas (atrium kanan dan kiri). ASD merupakan salah satu kelainan jantung bawaan. Artinya, kelainan ini telah ada sejak seorang bayi dilahirkan.

Baca juga:  Jadi Narasumber Rakor BPPD Provinsi Sulut Tahun 2022, Danlantamal Sebut Infrastruktur Penunjang Perbatasan Masih Minim

Pada kondisi normal, darah pada ruang jantung sebelah kanan mengalir ke paru-paru untuk mengambil oksigen. Kemudian, darah yang sudah kaya akan oksigen kembali ke jantung melalui ruang jantung sebelah kiri. Pada bagian jantung sebelah kiri inilah darah yang beroksigen akan dipompa ke seluruh tubuh.

Namun, pada penderita ASD, darah yang beroksigen pada sebelah kiri dapat bocor dan bercampur dengan darah yang berada di sebelah kanan. Akibatnya, darah yang akan mengalir ke paru-paru meningkat, yang juga dapat meningkatkan tekanan pada paru-paru (hipertensi pulmonal). Oleh karena itu, kondisi ini seringkali disebut dengan kebocoran bilik jantung.

Sementara Transposition of the great arteries (d-TGA) adalah satu kelainan jantung bawaan (PJB) yang kompleks.

Untuk itu Tim Jantung Anak RSUP Kandou Dr. dr. E. David Kaunang Sp.A(K) Dr. David Waworuntu, Dr. Monique Rotty lewat laman facebook pribadinya menyampaikan ucapan Syukur atas pertolongan Tuhan juga ucapan terima kasih kepada Direktur Utama, Dewan Direksi dan semua pihak yang telah membantu.

Baca juga:  BNNP Sulut Bongkar Jaringan Penyelundupan Sabu di Lapas Tondano

“Puji Tuhan di awal Tahun 2022 ( Kamis, 6-1-2022 ) Tim jantung anak RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado berhasil melakukan Tindakan Penutupan kelainan jantung bawaan ( jantung bocor) pada dua pasien dengan ASD (Atrial Septal Defect).” Ujar Kaunang.

Dan satu pasien TGA ( Transposition of the great Arteries berhasil dilakukan tindakan BAS( Baloon Atrial Septostomi).

“Kami menyampaikan terima kasih banyak atas Support dan bantuan dari Direktur Utama RSUP Kandou, Dewan Direksi dan semua pihak yg telah membantu yg tidak dapat disebutkan satu persatu dan kepada pasien dan keluarga yg telah memberikan kepercayaan,”pungkas dr David.

(Nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *