Hadiri Tulude, Bupati Gaghana Apresiasi Persatuan Warga Towo’e

Tahuna, BAROMETERSULUT.com – Masyarakat Towo’e Kelurahan Sawang Bendar melaksanakan acar adat Tulude, dalam rangka memperingati perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-597 Daerah Kepulauan Sangihe.

Perayaan Tulude tersebut dihadiri oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, Rabu (2/2/2022). Dimana pada saat kedatangan Bupati langsung dijemput oleh masyarakat setempat dengan tarian adat gunde.

Bacaan Lainnya

Bupati Jabes Ezar Gaghana dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerukunan dan kebersamaan serta kekompakkan warga Towo’e. Dimana esensi masyarakat Towo’e mampu melaksanakan Tulude yang menjadi dambaan dan harapan dalam kesadaran iman, dalam kesadaran persaudaraan, persaudaraan kekeluargaan masyarakat Towo’e dapat melaksanakan agenda Tulude disaat ini.

Baca juga:  Resmikan Hotel Dialoog Tahuna, Dondokambey: Sangat Membanggakan

“Esensi dari pada Tulude adalah kesadaran kita semua memahami arti kehidupan yang kita jalani bersama, kita bersyukur dengan pertolongan Tuhan kita melewati tahun 2021, kita bersyukur atas penyertanNya, kita menjalani tahun 2021 dengn berbagai pergumulan dan tantangan, terlebih pandemi covid 19 yang kita rasakan pergumulan yang luar biasa namun semua itu kita bisa jalani,” kata Gaghana.

Dikatakan pula, disadari dalam kehidupan penuh dengan keterbatasan dan kelemahan, sehingga dengan kesadaran ini Jabes mengajak apapun yang dilakukan baik kesalahan perbuatan yang kurang berkenan selalu mohon pengampunan dari Tuhan.

“Sebuah sukacita bersama untuk menghadapi tantangan dan pergumulan, namun kita boleh lewati dan hadapi dengan kekuatan dan pertolongan dari pada Tuhan. Untuk itu atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe, saya mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, kepada tokoh-tokoh masyarakat, para sesepuh yang ada di wilayah Towo’e kiranya apa kita jalani disaat ini menjadi bagian perjalanan dan sukacita bersama menjalani kehidupan dimasa-masa yang akan datang,” jelas Gaghana.

Baca juga:  HUT ke-597 Daerah Kepulauan Sangihe dan Upacara Adat Tulude Sukses Digelar

Usai prosesi adat dan badah, berlanjut dengan pesta rakyat makan bersama dilanjutkan dengan acara pentas m tarian empat wayer, dimana Bupati bersama tamu undangan membaur dengan warga sambil diiringi orkes bersama para penyanyi.

Turut hadir Ketua tim penggerak Kabupaten Sangihe Hermin Ririswati Gaghana Katamsi, Ketua DPRD Josephus Kakondo, para Asisten Setda, Kapolres Sangihe AKBP Denny Wely Tompunuh, anggota DPRD, pimpinan OPD, Camat Tahuna, Kapolsek Tahuna dan tokoh-tokoh agama serta warga Muslim Gorontalo Sangihe yang juga turut menyediakan hidangan makanan nasioanal. (Christ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *