Pj Bupati Kepulauan Sangihe Hadiri Rakornas di Jakarta

Jakarta, BarometerSulut.com – Pj. Bupati Kepulauan Sangihe, Dr. Rinny Tamuntuan, beserta rombongan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk Tahun Anggaran 2024.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Bidakara Jakarta Selatan pada Kamis (14/03/2024) tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Menteri Anas menegaskan beberapa prioritas Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan menjadi fokus dalam rekrutmen ASN tahun ini. Di antaranya adalah perekrutan fresh graduate dengan kemampuan digital, yang dianggap menjadi akselerator dalam menjalankan mesin birokrasi dan meningkatkan pelayanan publik.

Baca juga:  Verifikasi Administrasi Bacaleg, Jeck Seba Sebut Capai 65 Persen

“Kami memprioritaskan ASN talenta digital untuk mendukung digitalisasi sektor-sektor vital seperti pertanian, perindustrian, pariwisata, UMKM, perdagangan, dan lainnya,” ungkapnya.

Menurut Anas, pemerintah telah menerima usulan kebutuhan ASN sebanyak 1,38 juta dari berbagai instansi pusat dan daerah. Formasi sebanyak 1,28 juta ASN telah ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara bertahap.

Formasi ASN tersebut terdiri dari dua kategori, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dapat dilamar oleh fresh graduate, serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori 2 (THK-2).

Sementara itu, Pj. Bupati Sangihe, Dr. Rinny Tamuntuan, menekankan pentingnya Rakornas ini dalam konteks persiapan pengadaan ASN di daerahnya.

Baca juga:  Kunker ke Sangihe, Ini Yang Dilakukan Danrem 131 Santiago

“Rakornas ini sangat penting sebagai agenda strategis untuk kepentingan daerah karena membahas persiapan pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024,” ujarnya.

Meski demikian, Tamuntuan juga mengungkapkan bahwa pihaknya belum dapat mengkonfirmasi jumlah persetujuan untuk penerimaan ASN di Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun ini.

“Hal ini dikarenakan masih dalam tahap koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Kami masih dalam proses penyesuaian dengan BKN,” tambahnya.

Pos terkait