Wakili Bupati Minut Joune Ganda, Sekda Wowiling Hadiri Urban Ekonomy Digifest Sulut 2024

Manado,BAROMETERSULUT.com-
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Ir. Novly Wowiling menghadiri kegiatan Urban Economy Digifest Sulawesi Utara 2024, event tahunan yang digelar Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulut,
di Manado, Kamis (19/7/2024) di hotel Four Point Manado

Diketahui, Selain untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, kegiatan ini juga untuk mengakselerasi keuangan digital daerah.

Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menerima Kartu Kredit Indonesia (KKI) dan emplemetasi Provinsi Sulawesi Utara dari Bank Indonesia, yang di terima langsung oleh Sekda Ir. Novly Wowiling.

Pada kegiatan ini Sekda Wowiling di dampingi oleh Kaban Keuangan dan Aset Carla Sigarlaki dan Kepala Bapenda Christian Katuuk.

Sekda Ir. Novly Wowiling menjelaskan
Urban Economy Digifest untuk mendorong UMKM pengembangan ekonomi digital yang berdampak pada ekonomi masyarakat, sinergi memperkuat ekonomi dan keuangan digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi insklusif dan berkelanjutan.

Dia menambahkan, Ekonomi digital adalah pilar penting dalam pembangunan ekonomi Kabupaten Minahasa Utara dan Nasional. Selain untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, kegiatan ini juga untuk mengakselerasi keuangan digital daerah.

Baca juga:  Joune-Kevin Harapan Baru Minahasa Utara

“Adapun kegiatan Urban Ekonomi Digifest ini berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan ini sejalan dengan apa yang menjadi Visi dan Misi daripada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung untuk menjadikan Kabupaten Digital”, ujar Sekda Ir. Novly Wowiling

Adapun Kegiatan Urban Economy Digifest ini dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan Sulawesi Utara Bank Indonesia (BI) Andri Prasmuko dihadiri oleh Sekda Provinsi Sulut Steve Kepel.

Disela-sela kegiatan Urban Ekonomi Digifest, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menandatangani Penandatangan Perjanjian Kerja Sama OPSRN, PKB, BBNKB, MBLB, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Minahasa Utara dan Menerima Kartu Kredit Indonesi (KKI) Implementasi Pemerintah Provinsi Sulut.

Pada acara puncak Urban Economy Digifest dilakukan selebrasi dan harvesting hasil sinergi Bank Indonesia bersama pemerintah dan stakeholders terkait, berupa:

1. Penandatanganan MoU Kemitraan UMKM dan Ritel

2. Penandatanganan MoU Sinergi perluasan aplikasi penyusunan laporan keuangan UMKM melalui SIAPIK (Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) bersama Perguruan Tinggi

Baca juga:  Ini Makna HUT PDI Perjuangan ke-49 Bagi Rio Dondokambey

3. Penandatanganan Komitmen Percepatan Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah oleh 16 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sulut

4. Penandatanganan Komitmen Opsen Pajak Kendaraan Bermotor oleh 16 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sulut

5. Penyerahan Simbolis Pilot Project Program Pengembangan Desa Wisata Kahuku dan Batuputih Bawah oleh Kemenparekraf

6. Penyerahan Simbolis Legalitas UMKM kepada PT. Perorangan dan HAKI oleh Kemenkumham
7. Penyerahan Simbolis Pilot Project Program Hilirisasi UMKM oleh Bank Indonesia

8. Penyerahan Simbolis Legalitas UMKM oleh Gubernur Sulawesi Utara

9. Penyerahan Simbolis KUR UMKM oleh Pimpinan Bank Mandiri

10. Launching 360º Virtual Tour Kota Manado yang mempromosikan spot destinasi wisata Kota Manado secara virtual pada web http://360.manadokota.go.id/

11. Launching Buku “Underwater Paradise of North Sulawesi” yang mempromosikan pesona Bahari Sulawesi Utara serta

12. Talkshow Ekonomi dan Keuangan Digital bertema “Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” dengan narasumber dari Kemenparekraf, Bank Indonesia, Bank Mandiri dan creativepreneur.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *