Perkuat Pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu Minsel Tingkatkan Kapasitas Panwas Kelurahan dan Desa

Minsel,BAROMETERSULUT.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tengah mempersiapkan diri untuk mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan memberikan bimbingan teknis kepada 176 Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD).

Kegiatan ini berlangsung di Sutan Raja Hotel Amurang pada Sabtu-Minggu, 22-23 Juni 2024, dengan dihadiri oleh tiga pimpinan Bawaslu Minsel.

Kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan pengetahuan PKD dalam menjalankan tugas pengawasan selama pelaksanaan Pilkada.

Fokus utama bimbingan teknis ini adalah pada tahapan pengawasan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih, yang saat ini sedang berjalan.

Franny Sengkey, anggota Bawaslu Minsel, menekankan pentingnya pembekalan ini bagi PKD. “Pembekalan ini penting karena ada aspek teknis yang perlu dipahami, termasuk strategi pengawasan dan metode pengisian alat kerja pengawasan,” ujarnya.

Baca juga:  Wagub Steven Kandouw Sebut Minut Gudangnya SDM Generasi Muda Yang Berkualitas

Sengkey menambahkan, pengawasan Coklit bertujuan untuk memastikan tiga hal prinsip: mengeluarkan orang yang tidak memenuhi syarat dari daftar pemilih, memasukkan orang yang memenuhi syarat ke dalam daftar pemilih, dan memastikan prosedur pendataan pemilih berjalan sesuai ketentuan.

“Semua tahapan harus dilakukan dengan cermat. Kami memastikan bahwa data pemilih benar-benar akurat sehingga proses pemutakhiran data berjalan sesuai prosedur,” lanjut Sengkey.

Ia berharap hasil akhir pemutakhiran data pemilih akan memudahkan semua warga Minsel yang memenuhi syarat untuk terakomodir dalam Pilkada nanti.

Senada dengan Sengkey, Ketua Bawaslu Minsel, Eva Keintjem, menegaskan bahwa penguatan kapasitas PKD ini fokus pada pemutakhiran daftar pemilih sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Baca juga:  Bupati Joune Ganda Pastikan Beras Cadangan Pangan Pusat dan Pemkab Minut Bakal Disalurkan Kembali

“Dengan tahapan Pemilihan 2024 yang sedang berlangsung, kami harap teman-teman Panwaslu Kelurahan Desa dapat meningkatkan kapasitas diri. Hal ini penting agar mereka dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat berdasarkan regulasi,” jelas Keintjem. (*/T3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *