KPU Sangihe Tetapkan DPT untuk Pilkada 2024, Penjabat Bupati Tekankan Validitas Data

Tahuna, BAROMETERSULUT.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Rapat ini dilaksanakan pada Selasa (17/9/2024) di Ballroom Tahuna Beach Hotel.

Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Albert Huppy Wounde, dalam sambutannya menekankan pentingnya persiapan yang matang dalam pelaksanaan Pilkada, yang dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaan Pilkada membutuhkan serangkaian persiapan matang agar pesta demokrasi ini dapat terlaksana dengan sukses sesuai peran masing-masing,” ujarnya.

Wounde juga mengapresiasi upaya semua pihak yang telah memperbaiki data pemilih sementara dan masyarakat yang aktif berpartisipasi. “Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran terkait yang telah memperbaiki data pemilih, termasuk masyarakat yang turut aktif. Hari ini kita berhasil menetapkan DPT yang akan menjadi acuan penting dalam menciptakan Pilkada yang aman dan damai,” lanjutnya.

Baca juga:  KPU Sangihe Umumkan Penerimaan Masukan dan Tanggapan Masyarakat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati

Ia menegaskan bahwa validitas DPT adalah kunci dalam keberhasilan pemilu. “Saya berharap melalui rapat pleno ini kita bisa memastikan DPT yang akurat, valid, dan selalu terbarukan. Mari laksanakan pleno ini sesuai aturan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menciptakan Pilkada yang damai dan kondusif,” tambahnya.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe, Abdan R. Tahendung, dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa rapat pleno bertujuan untuk menyinkronkan data pemilih yang tidak valid dengan data yang tercatat di Sistem Informasi Data Pemilih (Sidali).

“Rapat pleno ini bertujuan memastikan data pemilih yang dihasilkan benar-benar jelas dan valid, karena data ini akan digunakan untuk pengadaan logistik dan sebagai acuan perhitungan partisipasi masyarakat,” jelas Tahendung.

Baca juga:  BNNK Kepulauan Sangihe Canangkan Lelipang Jadi Kampung Bersih Narkoba

Ia juga berharap seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar. “Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dari awal hingga akhir dengan penyertaan Tuhan,” tutupnya.

Rapat pleno ini menjadi langkah penting dalam persiapan Pilkada di Kepulauan Sangihe, demi memastikan partisipasi masyarakat yang optimal serta terciptanya pemilihan yang damai dan aman.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, perwakilan partai politik, pimpinan Bawaslu Sangihe, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *