Bawaslu Sangihe Gelar Apel Siaga Pilkada 2024

Tahuna, BAROMETERSULUT.com—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Apel Siaga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 pada Rabu (25/9/2024) di lapangan Santiago, rumah jabatan Bupati.

Apel ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu Sangihe, Edmond Dolongseda, dan dihadiri oleh peserta apel dari Panwaslu Kecamatan serta Kelurahan/Desa.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Sangihe, Edmond Dolongseda, menekankan pentingnya peran pengawas pemilu dalam mewujudkan Pilkada yang jujur dan adil.

“Kita semua berkumpul di sini bukan secara kebetulan, tetapi karena rancangan dan kehendak Tuhan. Kita hadir dengan wajah ceria, hati yang senang, dan tubuh yang sehat,” katanya.

Dolongseda juga mengingatkan para peserta apel akan pentingnya kebersamaan dan kekuatan kolektif dalam menjalankan tugas pengawasan Pilkada 2024.

Baca juga:  Dua Anggota DPRD Sangihe Mundur Sebelum Dilantik, Ini Daftar Periode 2024-2029

“Ini bukan tentang angka, tapi tentang kekuatan kita sebagai jajaran pengawas di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dengan kekuatan politik yang kita miliki, kita dapat mengawasi jalannya Pilkada serentak 2024 dengan prinsip LUBER (langsung, umum, bebas, dan rahasia) serta jujur dan adil.”

Ia menekankan bahwa seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, dan tokoh masyarakat harus bersatu untuk memastikan Pilkada berlangsung dengan damai dan sesuai aturan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe, Albert Huppy Wounde, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu yang telah mengadakan kegiatan Apel Siaga menjelang Pilkada 2024.

Ia berharap Pilkada serentak tahun 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang dapat diantisipasi dengan baik, baik secara kelembagaan maupun sistematis.

Baca juga:  KPU Sangihe Terima Pendaftaran Pasangan Bakal Calon Hendrik Manossoh dan Remran Sinadia

“Pilkada harus berlangsung dengan prinsip LUBER dan jurdil (jujur dan adil). Pengawasan Pilkada sangat penting untuk memastikan setiap tahapan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Wounde.

Ia juga menekankan bahwa totalitas dalam pelaksanaan dan pengawasan sangat diperlukan guna mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan berintegritas.

“Para pengawas Pilkada harus memiliki keberanian menindak pelanggaran, bekerja secara profesional, independen, dan impersonal,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Wounde mengingatkan para pengawas Pilkada untuk menjaga kondisi kesehatan mereka, mengingat proses Pilkada akan sangat menguras tenaga, baik secara fisik maupun mental.

“Kesehatan sangat penting. Apel siaga ini adalah wujud kesiapan, ketegasan, dan komitmen kita bersama untuk mengawal setiap tahapan Pilkada yang bermartabat dan berkualitas di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *